Kebutuhan akan marketing tidak bisa dilepaskan dari sebuah bisnis salah satu hal yang cukup penting dari bagian marketing adalah skill Copywriitng. Copywriting adalah seni dan proses menulist teks persuasive yang dirancang untuk mempengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau layanan, mendaftar ke newsletter, atau mengunjungi situs web.
Copywriting dapat ditemukan
diberbagai media, termasuk iklan cetak, iklan online, surat penawaran, brosur,
situs web, dan banyak lagi. Tujuan utama dari copywriting adalah untuk menarik
perhatian pembaca, membangkitkan minat mereka, dan mendorong mereka untuk
betindak. Untuk mencapai ini, copywriter harus memahami audiens target mereka,
mengetahui apa yang mereka inginkan, dan menulis teks yang menarik dan relevan
bagi mereka.
Apa Saja Teknik Dasar Copywriting?
Berikut ada 4 teknik dasar
copywriting yaitu:
1. Storytelling
Storytelling
sederhananya disebut dengan bercerita, sebenarnya cara ini tidak berbeda jauh
seperti kamu berjualan secara langsung. Hanya saja disini kamu tidak
menyampaikannya secara langsung melainkan dengan cerita. Berbeda dengan
hardtelling yang mempromosikan produk secara terang-terangan. Dengan
menggunakan cerita seseorang akan lebih mudah mengingat dan bisa membuat
audiens secara emosional terhubung dengan produk yang kamu tawarkan.
Contoh
penerapan Storytelling :
”setelah menjadi reseller produk perusahaan
ABCD perekonomian sata sedikit demi sedikit menjadi stabil. Awalnya hanya dapt
100rb perhari, tetapi sekarang bisa dapat 500rb perhari nya”
Hasil dari
teknik storytelling terbukti lebih efektif dan calon pembeli akan merasa lebih
nyaman sehingga lebih mudah untuk difollow up dan melakukan call to action
pembelian produk.
2. Content
Personality
Personality
merupakan sesuatu yang membuat seseorang terlihat unik dan membedakan dirinya
dengan orang lain. Sama halnya produk atau brand juga harus memiliki
personalitinya tersendiri. Personality sebuah produk atau brand dapat
dietrjemahkan menjadi selling point yang unik, motto perusahhan atau bentuk –bentuk
ekspresif lainnya agar orang-orang mengetahui tentang brand atau produk tersebut.
Untuk sebuah konten personality atau kepribadian bisa kamu ekspresikan dalam bentuk gambar, suara, gaya desain motto, logo perusahaan. Apapun itu, pastikan konten yang dibuat mewakili dari personality produk/brand tersebut.
3. Menawarkan
Eksklusivitas
Ketahui bahwa
semua orang sangat suka jika dirinya dianggap unik dan istimewa. Cara kerja
teknik ini sebenarnya sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan mewah
dalam memperkenalkan produk mereka. Jika membeli produk mereka maka sudah otomatis
dikatakan masuk ke bagian dari grup ekslusif mereka.
Tidak semua
jenis bisnis bisa menggunakan teknik serupa, tetapi berikut cara tepat
menerapkan metode yang sama:
·
Buat laman khusus website, dimana hanya member/anggota
saja yang bisa mengaksesnya.
·
Jual produk limited edition
·
Tawrkan newsletter personal untuk mereka yang menjadi subscriber
anda
Dalam dunia
bisnis, selalu ada saja masalah yang mungkin timbul dari segi pelangganya.
Berikut ini adalah 9 jenis resiko yang seringkali muncul dan solusi ekslusifnya:
Tipe Resiko |
Deskripsi |
Taktik |
Finansial |
Kehilangan uang |
Garansi |
Sosial |
Persetujuan orang lain |
Testimony |
Ego |
Kehilangan presitise |
Endorsemen |
Fungsional |
Tidak bekerja |
Uji coba gratis |
Fisikal |
Keselamatan pemakaian |
Sertifikasi |
Psikologi |
Tidak puas |
Tulisan yang emosional |
Waktu |
Belajar bagaiamana menggunakan |
Customer support 24 jam |
Upaya |
Tenaga yang digunakan |
Intruksi yang jelas |
Usang |
Kadaluarsa |
Upgrade dengan harga murah |
4. Menampilkan
follower media sosial
Mungkin,
hal ini terdengar sedikit sombong namun cara menarik minat pembaca untuk
bergabung, membaca maupun membeli produk adalah dengan menunjukan follower di
akun media sosial. Tapi pastikan terlebih dahulu jumlahnya lebih dari cukup. Dengan
menampilkan jumlah follower bisa mendorong target pembaca agar mau membeli
produk atau jasa. Karena disini mereka tidak merasa sendiri dan sudah banyak
orang terbukti puas dengan apa yang kita tawarkan.